Wednesday, 25 January 2012

Tips Mengatasi Kutu Rambut

Kutu rambut adalah salah satu momok paling menyebalkan, mudah menyerang anak-anak sekolah  (TK,SD,sampai SMP),  apalagi jika anak kita terkena kutu rambut, kalau  tidak dibasmi si kutu  langsung cepat menular ke semua anggota keluarga Bunda.

Si kutu ini nama ilmiahnya Pediculus humanus capitis (head louse )yaitu kutu yang menyerang rambut kepala :) dan Kutu rambut bersarang di rambut, leher dan menyematkan telurnya pada pangkal batang rambut. kutu bergerak dengan cara merambat / berjalan, bukan terbang atau melompat.Kutu rambut menghisap darah dari kulit kepala.

Siklus hidup kutu rambut:
Sikulus hidup kutu rambut terdiri dari 3 tahap : telur, nimpa, dan dewasa.

Sikulus hidup kutu rambut terdiri dari 3 tahap : telur, nimpa, dan dewasa.
Telur : telur kutu rambut berukuran 0,8 – 0,3 mm dan berbentuk oval. Telur diletakkan oleh betina dewasa pada pangkal rambut yang terdekat dengan kulit kepala. Telur membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk menetas (6 – 9 hari).
Nimpa : telur yang menetas akan berubah menjadi nimpa. Nimpa terlihat seperti kutu dewasa tetapi berukuran lebih kecil. Nimpa akan menjadi matang setelah 3 kali berubah dan menjadi dewasa dalam waktu 7 hari setelah menetas.
Dewasa : Kutu dewasa berukuran kira – kira sebesar biji wijen, memiliki 6 buah kaki. Dewasa betina biasanya berukuran lebih besar dari jantan dan dapat mengeluarkan 8 telur setiap hari(catat: setiap hari!!!) Untuk dapat bertahan hidup, kutu dewasa harus menghisap darah beberapa kali sehari. Tanpa darah, kutu dewasa akan mati dalam waktu 1 – 2 hari.


Kutu rambut pun sangat mudah berpindah-pindah tempat terutama melalui kontak langsung dari kepala ke kepala, melalui media tempat tidur,bantal, sisir, topi,kerudung dll yang digunakan bersama.Bahkan saat anak-anak bermain bersama berdekatan kutu dapat merambat melalui rambut.

Kutu Rambut (Pediculus humanus capitis)


Gejala mempunyai kutu rambut
Gejala yang dirasakan  yaitu rasa gatal pada kulit kepala. Akibat lebih jauh terhadap penyakit ini adalah infeksi kulit kepala. Karena garukan, kulit menjadi kemerahan, luka lecet sering digaruk dan mengeluarkan cairan serum bahkan darah. Rambutpun biasanya menggumpal yang di sebabkan karena terjadi perlekatan oleh cairan atau darah tersebut. Pada anak yang menderita infeksi kutu rambut, seringkali rewel dan tidur gelisah karena rasa gatal yang sangat mengganggu.

Kepala gatal kaerna Kutu Rambut

Cara Mengatasi & Menghilangkan kutu rambut:
1. Pakai obat kutu yaitu Peditox; oleskan diseluruh helai rambut dengan peditox dan tutup kepala dengan handuk, biarkan 15 menit lalu cuci rambut dengan bersih.
2. Buah mengkudu, ambil daging mengkudu dan oleskan ke seluruh rambut biarkan selama 15-30 mkenit lalu cuci rambut dengan bersih; sisir dengan sisir rapat agar kutu rambut dan telur kutu jatuh ; ulangi setiap hari sampai kutu hilang.
3. Cuka Putih sangat efektif untuk membasmi telur kutu rambut. Cuka putih akan merontokkan telur yang biasanya terikat erat di batang rambut, sehingga lebih mudah diangkat denga sisir bergigi rapat. Cara terapinya pun sama dengan yang diatas.

Pencegahan 
Jika seluruh anggota keluarga sudah bersih dari kutu rambut, cara mencegahnya adalah hindari memakai topi, sisir, bantal, atau media lain yang bisa menularkan kutu rambut secara bersama-sama; terutama meminjam dari teman.

Jika sudah terkena kutu rambut dan sudah parah (mengeluarkan cairan, nanah ) maka sebaiknya meminum obat antibiotik dan langsung berkonsultasi dengan dokter.

No comments:

Post a Comment