Wednesday 4 January 2012

Tips Mengatasi Batuk & Dahak pada Anak dengan "Terapi Uap"

Saat anak kita menderita batuk apalagi disertai dahak membuat anak rewel dan susah tidur; biasanya kita langsung kasih obat agar langsung sembuh....tapi Bunda ada cara lain yang lebih baik dan alami untuk menyembuhkan batuk dan dahak dengan cara alami, yaitu terapi uap :)
Mengapa alami, karena bisa menyembuhkan batuk pilek tanpa obat dan dibantu asupan ASI/MPASI yang terartur.

Sebelum kita bahas cara melakukan terapi uap kita kupas dahulu mengapa anak mengalami batuk pilek??
Batuk adalah salah satu sistem pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan. Ketika terjadi infeksi seprti flu, keluar lendir, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan refleks untuk batuk; jadi batuk itu cara alami tubuh merespon benda asing yang menggangu saluran pernafasan atau dengan kata lain batuk muncul karena peningkatan produksi dahak yang dipicu oleh infeksi virus atau alergi.

Dan obat sebenarnya  yang menyembuhkan batuk adalah home treatment dengan terapi uap untuk bantu encerkan dan keluarkan lendir dan bantu legakan pernafasan.
Bagaimana siy caranya terapi uap ini?
1. rebus air sampai mendidih
2. tuang ke dalam wadah/baskom dan tetesi minyak kayu putih/minyak telon;
3. taruh baskom ke dalam kamar, tutup pintu agar uap tidak keluar; jadi seperti kita sedang sauna menghirup uap beraroma minyak kayu putih
4. dekatkan uap air kepada si anak agar bisa menghirup masuk ke saluran pernafasan membantu mencairkan dahak
5. lakukan terapi uap ini setiap hari sampai dahak hilang dan bisa juga dibantu dengan berjemur dipagi hari; jika masih ASI perbanyak memberi ASI, dengan melakukan terapi uap rutin dihari ke 3 batuk+dahak akan hilang...:)









.

No comments:

Post a Comment